Sate Ayam Tukangan, Sate Legendaris di Jogja yang Selalu Habis Dalam Hitungan Jam

Lokasinya di emperan sebuah toko yang terletak di Jalan Tukangan Yogyakarta. Oleh karena itu sate ini lebih dikenal dengan nama Sate Ayam Tukangan. Salah satu sate ayam madura legendaris yang ada di Jogja yang sudah berjualan sejak tahun 1950an. Sekarang sudah generasi ketiga yang tetap berjualan sate di tempat ini. 



Sate Ayam Tukangan biasanya mulai buka sekitar pukul 17.00 setelah toko tutup. Tidak ada meja dan kursi, hanya ada gerobak pikul yang sudah tampak berumur dan tikar yang bisa digunakan pembeli yang ingin makan di tempat. 

Walaupun tampak sangat sederhana, tetapi Sate Ayam Tukangan ini selalu rame pembeli. Bahkan hanya dalam hitungan beberapa jam saja satenya sudah ludes terjual. Setidaknya kurang lebih sekitar 600 tusuk sate bisa terjual setiap harinya.


Harga perporsi Sate Ayam Tukangan Rp20.000. Seporsi kita bisa mendapatkan 10 tusuk sate daging atau campuran dengan jeroan ditambah dengan satu buah lontong. Kematangannya cukup pas sehingga daging ayamnya lebih terasa juicy dipadukan dengan rasa bumbu kacang yang gurih yang akan memanjakan lidah kita.


Usahakan datang lebih awal saat lapak sate mulai dibuka biar tidak kehabisan sate legendaris yang ada di Jogja ini. Lokasi Sate Ayam Tukangan ini sangat mudah dijangkau karena berada dipinggir jalan. Untuk yang belum tau patokannya adalah Warung Moerni 78. Sate ini persis berada di emperan toko sebrangnya. Jaraknya hanya sekitar 50an meter arah selatan dari pintu rel Stasiun Lempuyangan di Jalan Tukangan.


No comments:

Post a Comment