Mie Lethek Mbak Lilis, Mie Kotor khas Bantul yang Lezat

by - Tuesday, July 31, 2018


Kalau gudeg, mungkin semua orang yang datang ke Jogja pernah mencicipinya. Kita bisa dengan mudah menemukan penjual makanan yang berbahan dasar nangka muda ini diseantero Jogja.

Mie lethek
Mie lethek goreng


Selain gudeg, ternyata masih banyak kuliner khas Jogja lainnya yang wajib dicoba. Salah satunya adalah mie lethek  yang berasal dari Srandakan, Bantul. Waktu berkunjung ke Jogja, Barrack Obama juga pernah mencicipi kelezatan makanan yang satu ini. Ada yang pernah coba juga?


Mie yang warnanya kotor dan tanpa pengawet

Lethek dalam bahasa Indonesia artinya adalah kotor. Warna mie yang satu ini memang agak sedikit kusam dan kurang menarik. Warnanya coklat keabuan karena dibuat dengan bahan campuran tepung tapioka dan gaplek atau singkong kering tanpa tambahan bahan pewarna apapun.

Pembuatan mie lethek di Dusun Bendo, Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan masih menggunakan cara tradisional. Yaitu mengandalkan bantuan sapi untuk menarik mesin penggiling saat pencampuran bahan. Proses pengeringannya pun masih mengandalkan kekuatan sinar matahari.

Selain tanpa pewarna, mie lethek juga dibuat tanpa campuran pengawet. Namun demikian, mie lethek kering bisa bertahan lebih dari 3 bulan. Mie lethek terlihat seperti soun namun lebih tebal dan warnanya yang lebih pucat. 

Dibalik warnanya yang kusam dan kotor, ternyata terkandung kelezatan jika dimasak dengan cara yang benar. Selain itu mie lethek juga disebut-sebut lebih menyehatkan daripada nasi karena kandungan glikemiknya yang lebih rendah. Nah kan?


Lokasi Mie Lethek Mbak Lilis dekat pusat kota

Buat yang penasaran ingin mencicipi mie lethek tapi tidak mau jauh-jauh pergi ke Bantul. Ternyata di dekat pusat kota juga ada warung yang jualan mie lethek. Namanya Mie Lethek Mbak Lilis. Lokasinya di Jalan Sukonandi no.12, tidak terlalu jauh dari Stadion Mandala Krida. Tepatnya disebelah utara Departemen Agama dan Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mie yang digunakan di Mie Lethek Mbak Lilis dipasok langsung dari pabriknya di Srandakan. Jadi rasanya sama persis dengan yang ada di tempat asalnya sana.

I love ML


Mie lethek bisa dimasak menjadi mie goreng atau mie rebus. Buat yang suka tengah-tengahnya, bisa request mie lethek nyemek. Yaitu mie lethek yang diolah dengan cara digoreng tapi dengan tambahan sedikit kuah. Mie lethek dimasak dengan campuran telur dan sayuran seperti kol dan sawi. Telurnya pun bisa pilih telur ayam atau bebek sesuai dengan selera.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah mie lethek sangat sederhana. Campuran antara bawa putih dan kemiri yang ditumbuk sampai halus kemudian dilarutkan dalam kaldu ayam.Tambahan lainnya hanya garam dan sedikit penyedap rasa. Untuk yang suka pedas, bisa minta tambahan sambal. Racikan bumbu inilah yang membuat Mie Lethek Mbak Lilis lebih nikmat dan diminati banyak orang. Walaupun baru setahunan membuka warung, Mie Lethek Mbak Lilis sepertinya sudah punya banyak pelanggan tetap. Bisa dilihat dari warungnya yang selalu ramai tiap hari.

Daftar menu Mie Lethek Mbak Lilis


Selain mie lethek, ada menu lain yang bisa dipilih di Mie Lethek Mbak Lilis seperti nasi goreng, magelang, capcay, dan rica-rica. Menu yang lain juga tidak kalah lezatnya dengan mie lethek karena menggunakan racikan bumbu yang sama. Selain karena rasa makanannya yang pas di lidah, sepertinya alasan lain kenapa banyak orang datang ke sini adalah harganya yang cukup murah. Cocok untuk para mahasiswa dan anak kosan Jogja. Satu porsi mie lethek atau nasi goreng dijual dengan harga Rp12.000 saja. Sementara untuk rica-rica harganya mulai Rp13.000-15.000. Jangan khawatir soal porsinya, satu piring mie lethek atau nasi goreng di Mie Lethek Mbak Lilis bisa bikin kenyang semalaman.



Mie Lethek Mbak Lilis tempatnya memang tidak terlalu besar karena menempati garasi mobil yang disulap jadi sebuah warung. Hanya ada beberapa pasang meja kayu dan kursi plastik yang bisa digunakan oleh pengunjung. Walaupun sederhana, Mie Lethek Mbak Lilis juga dilengkapi dengan WiFi gratis untung para fakir kuota :p.

Lokasi Mie Lethek Mbak Lilis ini sangat mudah ditemukan karena berada dipinggir jalan raya yang cukup ramai. Mie Lethek Mbak Lilis buka mulai pukul 5 sore sampai pukul 11 malam. Buat yang malas datang langsung, bisa pesan juga lewat GoFood atau GrabFood.


You May Also Like

0 komentar