August 18, 2018

Patung Maria Assumpta di Gua Maria Kerep Ambarawa ini Tertinggi di Dunia?

Bagi umat Katholik, Bunda Maria adalah salah satu sosok yang paling penting dan dihormati. Ibu dari Yesus Kristus ini merupakan simbol dari kesucian dan perdamaian umat manusia. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang sangat bijaksana dan dekat dengan semua golongan semasa hidupnya.


Di Ambarawa, Kabupaten Semarang tepatnya di Gua Maria Kerep  sejak tahun 2015 lalu berdiri dengan kokoh patung Maria Assumpta yang menjadi ikon baru salah satu Kota Perjuangan di Indonesia ini. Bahkan disebut-sebut bahwa patung Maria Assumpta tersebut merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara bahkan dunia.

Patung Maria Assumpta di Gua Maria Kerep Ambarawa ini tingginya 19 meter dengan topangan setinggi 23 meter. Jadi total tinggi keseluruhan patung ini adalah 42 meter. Patung Maria Assumpta ini dibuat oleh 3 orang seniman lokal Ambarawa yang bermukim tidak terlalu jauh dari Gua Maria Kerep. Patung dibuat dalam rangka Hari Ulang Tahun Gua Maria Kerep yang 61 pada 15 Agustus 2015. Bahan yang digunakan untuk membuat patung adalah bahan resin dan pasir kwarsa. Proses pembuatannya berlangsung kurang lebih selama 1 tahun.



Patung Maria Assumpta ini menghadap ke arah matahari terbit sebagai simbol bahwa Bunda Maria menyinari semua orang tanpa mengenal baik atau buruk orang tersebut. Tangan-Nya yang terkatup merupakan lambang kesetiaan dia terhadap Allah. Sementara awan putih serta 3 malaikat kecil yang berada di bagian bawah merupakan gambaran saat Dia diangkat ke surga (assumpta).



7 buah pilar menyangga patung Maria Assumpta yang berdiri kokoh ini. Lalu di bawah pilar terdapat sebuah dinding melingkar yang dihiasi 7 lukisan Sapta Duka Bunda Maria. Mulai dari Nubuat Simeon sampai proses pemakaman Yesus Kristus.



Patung Maria Assumpta ini tidak hanya menjadi daya tarik umat Katholik yang ada di Indonesia. Banyak juga umat yang datang dari berbagai negara lain. Suasana Ambarawa yang sejuk menjadi salah satu daya tarik umat untuk berdoa di Gua Maria Kerep ini.

No comments:

Post a Comment

Follow me @novaaristianto