Keuntungan Naik Kereta Api Saat Traveling Dibanding Angkutan Lain

Kereta api masih menjadi salah satu moda transportasi yang dipilih banyak orang saat traveling dibandingkan dengan bus atau peswat terbang. Terutama untuk orang yang memiliki waktu liburan yang cukup panjang. 


Perjalanan menggunakan kereta api memang akan memakan lebih banyak waktu bila dibandingkan dengan pesawat terbang. Namun ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan kereta api.


Berikut ini adalah beberapa keuntungan naik kereta api saat traveling:

Stasiun terletak di pusat kota

Hampir semua stasiun yang ada di Indonesia terletak di pusat kota. Hal ini bisa menghemat biaya transportasi tambahan untuk menuju ke penginapan atau tempat wisata yang akan kita kunjungi yang biasanya lokasinya juga di pusat kota.

Selain itu kita juga bisa menghemat waktu. Seperti contohnya kalau liburan ke Jogjakarta. Stasiun Yogyakarta berada sangat dekat dengan Malioboro. Tinggal jalan kaki saja kita sudah bisa sampai.


Tepat waktu dan anti macet

Jadwal keberangkatan atau kedatangan kereta api selama ini lebih tepat waktu dibandingkan dengan moda transportasi lain. Kecuali jika ada kendala teknis seperti kerusakan jalur yang membutuhkan waktu lama untuk perbaikan atau terjadi kecelakaan dijalur yang akan dilalui. 

Dengan kereta api kita juga tidak akan merasakan macet seperti kalau kita naik bus.


Bisa menikmati pemandangan indah

Selama perjalanan dengan kereta api kita akan disuguhi banyak pemandangan indah mulai dari persawahan, kebun, sungai, pantai, bukit, atau aktivitas penduduk yang tinggal di sekitar rel kereta api. Pilih waktu perjalanan pagi hari karena supaya kita bisa melihat pemandangan indah tersebut.


Fasilitas lengkap

Beberapa tahun terakhir ini kereta api di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari sistem sampai dengan fasilitas yang ada. Sekarang tidak ada lagi cerita penumpang duduk di emperan bordes atau bergelantungan di pintu. Semua penumpang dapat nomor duduk masing-masing.

Fasilitas pun mulai bertambah. Pembelian tiket saat ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Acces atau beberapa aplikasi penyedia jasa lain. Semua kereta saat ini sudah dilengkapi dengan pendingin udara dan colokan listrik untuk penumpang. Bahkan ada beberapa kereta yang saat ini sudah dilengkapi dengan WiFi. Gerbong makan pun tersedia untuk membeli makanan atau minuman.

Sudah punya rencana traveling kemana dalam waktu dekat ini?

No comments:

Post a Comment