Tips Mudik Seru Menggunakan Bus

Tradisi pulang kampung atau mudik adalah tradisi yang biasa dilakukan orang-orang di Indonesia terutama yang tinggal di kota besar. Mereka akan pulang ke kampung halamannya pada saat menjelang hari raya seperti Idul Fitri. 



Tradisi mudik menjadi momen ntuk bersilaturahmi dengan keluarga besar yang jarang sekali bertemu. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang telah berlangsung selama 2 tahun terakhir ini. Momen berkumpul dengan keluarga besar di kampung sudah pasti dirindukan oleh banyak orang.

Kalau kamu mau mudik dengan menggunaka bus umum, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan tetap nyaman.


Hindari makan makanan yang pedas

Sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya untuk menghindari menyantap makanan yang terlalu pedas. Makanan yang pedas adalah salah satu pemicu sakit perut dan diare.

Melakukan perjalanan jauh dalam keadaan sakit perut sangat tidak mengenakan, apalagi kalau sampai terserang diare. Tidak semua bus mempunyai fasilitas toilet, terutama bus-bus jarak menengah. 

Jangan membawa uang tunai terlalu banyak

Hal kedua yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan bus umum adalah jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Bawalah uang secukupnya untuk membeli tiket atau makan selama perjalanan saja. Musim mudik lebaran banyak sekali muncul modus kejahatan,salah satunya adalah hipnotis.

Selain jangan membawa uang dalam jumlah yang banyak, hindari juga untuk memamerkan barang berharga kita. Karena kejahatan bisa muncul bukan hanya karena ada niat tetapi juga karena ada kesempatan.


Bawa makanan sendiri

Perjalanan mudik mungkin saja bisa menjadi salah satu perjalanan yang tidak bisa tertebak. Karena bisa saja bus yang kita tumpangi bisa saja terjebak disuatu dalam waktu yang lama dan tidak bisa diprediksi. Sementara itu ruumah makan masih jauh. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya
untuk membawa makanan dan minuman sendiri saat akan mudik.


Bawa buku bacaan

Buku bacaan favorit bisa menjadi salah satu alat pembunuh kebosanan yang diakibatkan oleh kemacetan selama perjalanan mudik. Tidak perlu membawa banyak buku, cukup satu atau dua buku saja yang paling disukai. Membaca buku juga akan lebih menyenangkan bila diselingi dengan mendengarkan musik.


Dan yang terakhir yang harus dilakukan adalah tetap mengawasi barang bawaan kita agar tidak berpindah ke tangan orang lain.


Selamat bersiap-siap mudik

No comments:

Post a Comment