August 2, 2021

Dusun Stabelan Selo, Hanya Berjarak 3 KM dari Puncak Merapi

 Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api yang masih aktif di dunia. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 2.960 mdpl ini terletak di 4 kabupaten yang masuk dalam wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Magelang, Klaten, Boyolali, dan Sleman. Walaupun masih sering terjadi erupsi, namun lerengnya masih terdapat beberapa perkampungan yang dihuni oleh warga. Bahkan ada yang jaraknya hanya sekitar 3 km dari puncak Merapi yaitu Dusun Stabelan.



Dusun Stabelan masuk dalam wilayah Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jaraknya memang hanya sekitar 3 km saja dari puncak Gunung Merapi. Tidak mengherankan jika dusun ini masuk dalam wilayah Kawasan Rawan Bencana (KRB). Setiap ada peningkatan aktivitas pada Merapi, semua penduduk harus segera diungsikan untuk menghindari adanya korban akibat luapan lahar maupun awan panas.


Berada pada ketinggian lebih dari 1.300 mdpl membuat udara di Dusun Stabelan ini sangat sejuk. Apalagi di musim kemarau seperti bulan Agustus ini. Kesejukan tersebut selaras dengan keramahan warganya. Setiap orang yang datang ke kampung mereka akan disambut dengan senyum khas warga desa yang tulus. Puncak Merapi tampak sangat dekat jika dilihat dari dusun yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani ini. 


Puncak Merapi


Sejak dulu lahan di Dusun Stabelan banyak ditanami dengan pohon kopi. Namun erupsi Merapi yang terjadi pada tahun 2010 lalu sempat membumi hanguskan semua tanaman kopi milik penduduk. Beberapa tahun berlalu sejak erupsi tersebut, masyarakat mulai kembali menanam kopi kembali untuk menghasilkan kopi khas lereng Merapi yang dikenal dengan nama Kopi Stabelan.




Nama Stabelan memang terdengar cukup unik, berbeda dengan nama dusun-dusun yang ada disekitarnya. Konon nama Stabelan diambil dari bahasa Belanda. Ada yang menyebutkan bahwa di Dusun Stabelan ini dulunya merupakan salah satu pos atau tempat berkumpulnya pasukan Belanda semasa jaman perang dahulu.


Nah, ada yang penasaran mau lihat puncak Merapi dari dekat? Bisa datang langsung ke Dusun Stabelan ini. Tapi jangan lupa untuk menghormati aturan atau tata tertib yang berlaku di dusun tersebut.



No comments:

Post a Comment

Follow me @bestewens