August 1, 2021

Melihat Pemandangan 9 Gunung Sekaligus di Embung Bansari, Temanggung

Letaknya yang berada diantara beberapa gunung membuat Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dianugerahi dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Tentu saja ditambah dengan udara yang cukup sejuk. Jadi tidak mengherankan kalau Temanggung menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi warga Jawa Tengah dan Yogyakarta. Apalagi Temanggung berada dipertengahan jalur antara Semarang atau Yogyakarta menuju ke Dieng. Salah satu tempat untuk menikmati keindahan alam Temanggung adalah Embung Bansari.

Embung Bansari dengan latar belakang Gunung Sumbing, Merapi, dan Merbabu



Embung Bansari terletak di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung. Lokasinya berada pada ketinggian sekitar 1.300 mdpl persis di bawah Gunung Sindoro. Tidak hanya hawa yang sejuk dan segar, di Embung Bansari ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang sangat cantik. 

Jika cuaca sedang cerah, ada 9 gunung sekaligus yang bisa kita lihat dari Embung Bansari ini. Yang paling terdekat adalah Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Prau. Kemudian disambung dengan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, dan Gunung Muria. Bahkan menurut penduduk sekitar, pada malam hari mereka bisa menyaksikan kerlap-kerlip lampu kapal yang berada di pantai utara.

Tampak Gunung Ungaran, Andong, Merbabu, dan Merapi



Pemandangan cantik dengan 9 gunung sekaligus ini sangat jarang dijumpai. Jadi pastikan kalau berwisata ke Temanggung untuk menyempatkan datang ke Embung Bansari. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sekitar bulan Juli sampai dengan Agustus dimana cuaca sedang bagus-bagusnya. Karena biasanya kawasan lereng Gunung Sindoro dan Sumbing dipenuhi dengan kabut setelah siang sampai malam hari.

Gunung Sindoro



Embung Bansari yang mempunyai luas sekitar 0.5 hektar ini mulai dibangun pada tahun 2019. Tujuan awalnya adalah sebagai sumber mata air untuk pertanian. Lokasi embung ini dikelilingi oleh kebun tembakau milik penduduk yang sangat luas yang biasanya ditanam pada saat musim kemarau. Karena pemandangannya yang sangat bagus, Embung Bansari kemudian dijadikan sebagai obyek wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Gunung Sumbing tampak gagah disebrang



Akses untuk menuju ke Embung Bansari terbilang mudah. Mobil dan sepeda motor bisa sampai di parkiran yang persis disamping embung. Untuk mobil besar dan bus tidak bisa sampai ke lokasi karena beberapa kilometer jalan terakhir harus melewati jalan di permukiman warga yang cukup sempit.

Jika hendak menuju ke Embung Bansari, pastikan kendaraan kita dalam kondisi yang prima. Tanjakan memang tidak terlalu tinggi tapi satu kilometer terakhir menjelang lokasi berupa jalan makadam atau jalan berbatu dengan sedikit tanjakan. Pada saat turun kondisi rem juga harus baik karena bebatuan tersebut membuat jalan menjadi sedikit licin.

Tapi rasanya tidak akan pernah menyesal untuk berkunjung ke Embung Bansari ini. Melihat pemandangan yang bagus bisa membuat hati senang dan sejenak menghilangkan stress yang tentu saja akan membuat imun tubuh kita kuat. Tidak hanya di lokasi Embung Bansari saja yang pemandangannya cantik, sepanjang perjalanan kita juga akan disuguhi panorama yang indah.

Jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan ya kalau mau ke Embung Bansari ini.


No comments:

Post a Comment

Follow me @bestewens