Puncak Sosok: Menikmati Live Music dan Sunset Cantik di Alam Terbuka. Bayar Seikhlasnya

Siapa yang hobinya nonton live music? Kalau kamu suka pertunjukan musik harus banget datang ke tempat yang satu ini. Namanya Puncak Sosok yang berlokasi di Kalurahan Bawuran, K├Ępanewon Pleret, Kabupaten Bantul. Kalau biasanya pertunjukan musik digelar di cafe atau gedung olahraga, di Puncak Sosok ini live music ditampilkan di atas panggung terbuka dengan latar sunset dan kerlap kerlip lampu yang cantik. 




Beberapa tahun lalu, Puncak Sosok ini hanyalah lahan kosong yang ditumbuhi ilalang. Atas inisiatif beberapa anggota karang taruna, lahan kosong tersebut mulai diubah menjadi tempat wisata yang banyak dikenal orang seperti sekarang ini. Usaha mereka tidak langsung berhasil, tetapi melewati proses yang lumayan panjang. Bahkan awalnya banyak cibiran yang datang dari penduduk sekitar. 

Tapi kini Puncak Sosok menjadi salah satu destinasi wisata utama di Bantul. Pengelolaan sepenuhnya dilakukan oleh masyarakat sekitar mulai dari parkir sampai dengan warung-warung yang ada di sini. Konon katanya setelah ada Puncak Sosok ini tidak ada warga desa sekitar tidak ada yang menganggur lagi karena dilibatkan dalam pengelolaan. Yang menarik adalah untuk masuk ke sini tidak ada tiket masuk alias pengunjung bisa masuk ke Puncak Sosok dengan memberikan uang seikhlasnya.



Pertunjukan live music di Puncak Sosok biasanya diselenggarakan setiap akhir pekan mulai pukul 15.00 WIB. Penampilnya bisa dari band pemuda desa sekitar sampai dengan beberapa band yang cukup terkenal di Jogja. Tidak hanya lagu-lagu yang sedang hits saja yang dibawakan, penonton juga bisa request lagu kesayangan. 




Panggung di Puncak Sosok dibuat terbuka tanpa atap. Panggung tersebut menghadap amphi theater buatan yang digunakan penonton untuk menikmati pertunjukan. Dari kejauhan kita bisa melihat perkampungan sekitar dari ketinggian. Jika cuaca sedang cerah, menjelang maghrib kita juga akan disuguhin pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik tampak menjadi latar belakang band yang sedang bernyanyi. Malam sedikit latar belakang panggung berganti menjadi kerlap-kerlip lampu yang membuat suasana menjadi semakin romatis. 



Sebelum pergi ke Puncak Sosok, pasti kan kendaraan dalam kondisi yang cukup prima. Karena jalan menuju ke sini melewati beberapa tanjakan melewati jalan cor yang cukup kecil. Jalan pulang dan pergi pengunjung sengaja dipisah oleh pengelola supaya  arus lebih teratur. Fasilitas di Puncak Sosok cukup lengkap mulai dari parkir, toilet, musala, dan warung. Harga makanan di Puncan Sosok terbilang cukup murah.



Sedikit nilai minus dari Puncak Sosok adalah adanya bau-bau busuk yang sedikit menyengat pada saat angin berhembus cukup kencang. Hal ini terjadi karena Puncak Sosok berada persisi di atas Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Piyungan. Jadi jangan heran kalau kadang tiba-tiba muncul bau yang kurang sedap. 


Tapi terlepas dari kekurangan tersebut, Puncak Sosok sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Dimana lagi kita bisa menikmati pertunjukan musik di panggung terbuka ditemani kerlap kerlip lampu.


No comments:

Post a Comment