Berfoto dengan Busana Jawa di Masjid Gede Mataram

Buat yang suka sejarah dan budaya, pasti tidak akan melewatkan Kotagede sebagai salah satu tempat yang harus dikunjungi kalau jalan-jalan ke Jogja. Mungkin untuk yang belum tau, Kotagede dulunya merupakan pusat atau ibukota dari Kesultanan Mataram Islam. 



Di sini kita masih bisa melihat beberapa jejak peninggalan kejayaan masa lampau yang masih berdiri hingga sekarang. Salah satunya adalah Masjid Gede Mataram yang konon merupakan masjid tertua di wilayah Yogyakarta. Bukan hanya sejarahnya saja yang menarik, tetapi bentuk dan arsitektur masjid ini juga cukup unik.


Masjid Gede Mataram mulai dibangun oleh Panembahan Senopati pada tahun 1587 dengan bentuk yang sangat sederhana sebagai kebutuhan untuk sarana ibadah. Yang unik adalah saat mulai memasuki area Masjid Gede Mataram kita akan disambut dengan sebuah gapura yang bentuknya lebih mirip seperti pura atau tempat ibadah umat Hindu. Hal ini terjadi karena pembangunan masjid ini dilakukan dengan bantuan dari warga sekitar yang dulunya masih banyak memeluk agama Hindu. Sementara bangunan utama masjid dibangun oleh masyarakat yang beragama Islam. Masjid Gede Mataram sudah mengalami beberapa kali perubahan hingga bentuknya yang bertahan sampai sekarang.


Lokasi Masjid Gede Mataram bersebelahan persis dengan makam Panembahan Senopati. Kawasan ini dikelilingi oleh tembok yang cukup tinggi dengan akses bata ekspose yang membuat nuansanya jadi cantik. Oleh karena itu tempat ini jadi salah satu tempat pemotretan favorit di Jogja. Entah itu foto prewed, foto wisuda, foto keluarga, atau sekedar foto buat ngisi feed Instagram. Gapura dan tembok yang ada di sekitar Masjid Gede Mataram ini memang sangat fotogenic dan terlihat cantik sekali di lensa kamera.


Karena saya belum ada pasangan untuk diajak foto prewed di sini, ya terpaksa foto sendirian dulu nanti pasangannya bisa tinggal diedit atau nanti bisa balik ke sini lagi buat foto-foto. 😀
Biar sesuai dengan tema tradisionalnya, saya sengaja meminjam surjan, jarik, dan blangkon milik teman saya yang kebetulan rumahnya tidak terlalu jauh dari sini. Sekaligus saya suruh jadi tukang fotonya.

Untuk yang tidak membawa surjan atau kebaya sendiri ga perlu khawatir. Karena di depan dekat parkiran dan di dalam area masjid ada penyewaan baju lengkap untuk cewek maupun cowok ataupun baju anak-anak. Untuk berfoto di sini tidak ada ijin khusus dan biaya yang harus dibayar. Hanya mengisi buku tamu dan memasukan infak seikhlasnya jika ingin berfoto di gapura dekat makam. 


Dari beberapa gapura yang ada, menurut saya gapura yang paling cantik adalah gapura yang di dalam dekat dengan sendang seliran. Gapuranya terlihat lebih tinggi dengan beberapa undakan yang terlihat lebih estetis dan cantik.

Menarik kan? Berwisata ke Masjid Gede Mataram bisa menambah wawasan dan juga menambah feed Instagram supaya lebih keren. Oh iya, masjid ini lokasinya sangat dekat dengan Pasar Legi Kotagede. Jadi sebelum jalan-jalan bisa juga berburu jajanan dan kuliner.

No comments:

Post a Comment