3 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Naik Gunung Untuk Pertama Kali

Indonesia dikelilingi banyak sekali gunung. Beberapa diantaranya bahkan berupa gunung berapi yang masih aktif sampai sekarang. Pemandangan alam yang indah membuat banyak orang yang ingin mendaki ke puncaknya. Walaupun cukup mengurus banyak tenaga, tetapi ada rasa kebanggaan bisa melakukan hal tersebut.


Naik gunung pertama kali
Puncak Gunung Sindoro



Bagi kalian yang sedang berencana naik gunung untuk pertama kali, paling tidak ada 3 hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar pendakian pertama kamu bisa lebih lancar.


1. Olahraga rutin

Olahraga yang teratur sangat dianjurkan dilakukan beberapa hari atau bahkan minggu sebelum melakukan pendakian. Hal ini bertujuan untuk melatih badan kita. Olaharaga yang bisa dilakukan antara lain lari atau berenang. 

Jika rutin dilakukan niscaya akan membantu kita saat pendakian. Tubuh jadi tidak mudah lelah saat menyusuri jalur pendakian. Selain itu usahakan untuk selalu tidur cukup dan teratur agar badan terasa lebih bugar. 


2. Cari gambaran tentang gunung yang akan di daki

Sekarang ini banyak sekali pendaki yang mengabadikan pendakian mereka melalui chanel Youtube mereka. Dari sini lah kita bisa melihat sedikit gambaran tentang gunung yang akan kita daki. Seperti apa jalur yang harus dilewati dan ada berapa pos yang akan dilewati. 

Kita juga bisa melihat pemandangan apa saja yang akan kita jumpai di perjalanan atau kondisi puncak gunung. Pemandangan tersebut bisa menjadi penyemangat terutama para pendaki pemula untuk bisa sampai ke puncak. Selain pemandangan bagus tentu saja ada kebanggaan dan kepuasaan diri. Menaklukan ego dan kekuatan sendiri.


3. Persiapkan perlengkapan mendaki

Banyak pendaki pemula yang meremehkan hal ini. Mereka mendaki dengan menggunakan dan membawa peralatan seadanya. Padahal di gunung cuacanya bisa tiba-tiba berubah secara ekstrim.

Beberapa benda yang wajib dibawa antara lain tenda, sepatu safety, sleeping bag, jaket, senter, lampu penerang, peralatan memasak, bahan makanan, air minum dan obat-obatan ringan. Kalau kita tidak punya peralatan tersebut kita bisa menyewanya.

Usahakan pakai baju yang berbahan ringan atau parasut saat melakukan pendakian agar langkah lebih ringan dan baju lebih cepat kering saat terkena air.


Yang terakhir yang paling penting adalah berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing agar perjalanan kita dilancarkan tanpa suatu halangan apa pun. Bisa kembali turun dalam kondisi sehat walafiat dan bonus pemandangan yang cantik.

Untuk yang ingin mendaki pertama kali bisa bisa mencoba naik ke Gunung Prau dan Gunung Andong. Kedua gunung tersebut jalur pendakiannya masih cukup aman bagi pemula tapi pemandangan yang bisa kita lihat luar biasa cantik.

No comments:

Post a Comment