3 Hal yang Paling Banyak Menghabiskan Uang Saat Traveling

Ada 3 hal yang paling banyak menyedot uang kita saat melakukan perjalanan liburan. Tapi 3 hal ini juga merupakan kebutuhan pokok yang harus dipersiapkan sebaik 
mungkin agar perjalanan kita bisa lebih lancar dan menyenangkan. 


Berikut ini adalah 3 komponen yang paling banyak dihabiskan saat traveling.

Biaya transportasi

Komponen pertama yang paling banyak menghabiskan uang adalah transportasi. Biaya yang harus kita alokasikan untuk transportasi mungkin bisa jadi setengah atau sepertiga dari seluruh biaya perjalanan. Tapi tetap saja mau tidak mau kita harus mengalokasi dana yang besar tersebut agar kita mencapai tempat yang ingin kita kunjungi. 

Untuk mengakali biaya transportasi yang mahal tersebut kita bisa mencari tiket promo dari beberapa maskapai penerbangan atau dari PT KAI yang juga sering menggelar promo. Hal lain yang bisa dilakukan untuk penghematan biaya transportasi selama traveling adalah mencari kendaraan tumpangan atau yang biasa dikenal dengan nama "hitchike".


Penginapan

Komponen kedua yang paling banyak menyedot banyak uang saat traveling adalah penginapan. Bahkan harga penginapan bisa naik berkali-kali lipat jika kita menginap pada musim liburan. Tetapi walaupun harganya naik, kita harus tetap membayarnya karena selama liburan kita membutuhkan tempat untuk beristirahat pada malam hari setelah tenaga kita habis terkuras untuk jalan-jalan. 

Untuk mensiasati hal tersebut kita bisa memilih hostel yang harganya lebih murah. Jangan lupa juga ada komunitas semacam Couchsurfing yang bisa kita jadikan pilihan agar bisa lebih berhemat sekaligus bertemu dengan orang lokal.


Beli oleh-oleh

Dan yang terakhir adalah anggaran untuk membelikan oleh-oleh untuk saudara atau teman. Tapi perlu diketahui bahwa sebenarnya oleh-oleh bukanlah suatu hal yang wajib diberikan setelah kita traveling. Mencari oleh-oleh bisa sangat menyita waktu dan terutama uang kita. 

Tapi buat orang yang tidak enakan sama keluarga atau teman, membeli oleh-oleh seperti sesuatu hal yang wajib. Apalagi kalau bukan karena takut digunjingkan saat pulang libur. Hal ini sepertinya sudah menjadi kultur bagi sebagian orang. 


Semoga bisa lebih berhemat lagi saat liburan.

No comments:

Post a Comment