Masjid Agung Jawa Tengah. Megah Dengan Perpaduan 3 Gaya Arsitektur

Semarang merupakan kota terbesar di Jawa Tengah sekaligus ibukota dari propinsi tersebut. Kota ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki banyak destinasi wisata sejarah.

Beberapa bangunan tua bersejarah di Semarang yang paling terkenal antara lain Lawang Sewu dan Klentheng Sam Poo Kong. Tapi jika kita mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang, mata kita akan dimanjakan dengan pemandangan bangunan-bangunan kuno peninggalan kolonial Belanda seperti Gereja Blendhuk yang punya arsitektur yang sangat cantik.

sumber foto: https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/

Tapi berbicara tentang Semarang, tidak hanya seputar sejarah saja karena Semarang juga punya tempat wisata religi seperti Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid megah dengan arsitektur indah kebanggaan warga Jawa Tengah. 

Masjid Agung Jawa Tengah bisa menampung sekitar 6.000 jamaah didalam masjid dan hampir 10.000 jamaah di serambi masjidnya. Pembangunan Masjid Agung Jawa Tengah sudah dimulai sejak tahun 2001 dan memakan waktu sekitar 5 tahun untuk menyelesaikan seluruh bangunannya. Masjid ini diresmikan oleh mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudoyono pada tanggal 14 November 2006.


Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dengan menggunakan 3 perpaduan gaya arsitektur antara Jawa, Islam, dan Romawi. Gaya arsitektur Jawa bisa dilihat pada bangunan utama Masjid Agung Jawa Tengah yang berupa bangunan dengan atap limas layaknya rumah yang biasa dibangun oleh orang Jawa. Kubah besar serta menara yang ada diatas bangunan utama mewakili gaya aristektur Islam. Sementara arsitektur Romawi bisa dilihat didepan serambi masjid yang berupa 25 pilar yang menyerupai bangunan koloseum di Athena. 

Pilar-pilar tersebut dihiasi dengan kaligrafi-kaligrafi yang sangat indah. 25 pilar menyimbolkan jumlah 25 nabi dan rasul. Di pelataran Masjid Agung Jawa Tengah ini juga terdapat payung-payung raksasa seperti yang ada di Masjid Nabawi Madinah yang bisa dibuka tutup secara otomatis. Biasanya payung-payung tersebut akan dibuka pada saat sholat jum'at.


Disisi paling depan dari Masjid Agung Jawa Tengah ini terdapat sebuah menara yang tingginya mencapai 99 meter yang diberi nama Menara Al Husna, 99 merupakan jumlah Asmaul Husna. Menara Al Husna Masjid Agung Jawa Tengah ini terdiri dari 18 lantai dan pada lantai yang paling atas kita bisa menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian menggunakan teropong. 


Selain itu di Menara Al Husna juga terdapat sebuah restoran dilantai 18 yang bisa berputar 360 derajat yang bernama Kampoeng Menara Resto serta Museum Kebudayaan Islam yang berada dilantai 2 dan 3.


No comments:

Post a Comment