December 1, 2018

Lumpia Samijaya, Lumpia Legendaris di Malioboro


Kalau dengar kata lumpia, pasti yang terbersit pertama kali tentu saja adalah Semarang. Makanan olahan peranakan Cina dan Jawa ini memang sudah lekat dengan Semarang. Tapi jangan salah, di Jogja juga ada satu penjual lumpia yang setiap hari selalu rame diburu pembeli. Tak hanya untuk dinikmati di tempat, tetapi juga dijadikan alternatif oleh-oleh atau cemilan selama perjalanan pulang dari Jogja. Namanya adalah Lumpia Samijaya atau banyak orang mengenalnya dengan nama Lumpia Mutiara.



Nama Samijaya diambil dari nama sebuah toko yang terasnya dijadikan tempat berjualan lumpia sejak 40 tahunan yang lalu. Nah Toko Samijaya ini letaknya tepat di depan Hotel Mutiara di kawasan Malioboro. Oleh karena itu banyak yang menjadikan Hotel Mutiara sebagai patokan saat akan mencari lumpia ini. Jadilah banyak orang yang mengenalnya dengan nama Lumpia Mutiara.

Lumpia Samijaya dijajakan dengan menggunakan gerobak sederhana seperti pedagang kaki umumnya yang ada di Malioboro. Ada beberapa kursi plastik yang disediakan untuk para pembeli yang ingin langsung menikmati langsung di sini. Jangan takut kelewatan, karena setiap pembeli dicatat nama dan pesanannya sesuai urutan. Kalau pesanan kita sudah matang, nama kita akan dipanggil beberapa kali.



Isian Lumpia Samijaya ini berbeda dengan lumpia yang di Semarang. Kalau biasanya isian lumpia menggunakan rebung, Lumpia Samijaya menggunakan irisan bengkoang yang dicampur dengan tauge, daging ayam, dan wortel. Khusus untuk lumpia yang spesial ditambah dengan telur puyuh. Semua bahan isian tersebut sudah masak terlebih dahulu dengan menggunakan bumbu rahasia. Kulit lumpianya pun dibuat sendiri, jadi rasanya cukup spesial, ga sama dengan lumpia ditempat lain.



Satu lagi yang spesial dari Lumpia Samijaya ini, yaitu parutan bawang putih yang ditaruh diatas lumpia yang sudah digoreng sebagai pelengkap. Harga Lumpia Samijaya untuk yang biasa adalah Rp4.500, sementara untuk yang spesial adalah Rp5.000.



Jadi kalau jalan-jalan ke Malioboro, jangan lupa cicipi jajanan yang satu ini.



No comments:

Post a Comment

Follow me @novaaristianto