September 18, 2018

Sate Ratu, Kelezatannya Sudah Pernah Dicicipi Orang dari 67 Negara



Sate dengan bumbu kacang atau bumbu kecap sepertinya sudah biasa dan banyak dijumpai di Jogja. Tapi pernah kah mendengar atau bahkan mencoba sate merah yang ada di Sate Ratu? Sate yang satu ini memang tidak menggunakan bumbu kacang melainkan menggunakan racikan cabe merah yang dicampur dengan bumbu rahasia hasil olahan sang pemiliknya langsung yang terinspirasi dari bumbu sate yang ada di Lombok.



Secara tampilan, sate merah ini memang terlihat sangat sederhana. Hanya ada beberapa tusuk sate berwarna kemerahan tanpa taburan bumbu. Tapi soal rasa, dijamin akan membuat lidah kita bergoyang karena bumbunya yang sangat terasa dan meresap. Rasanya perpaduan antara pedas dan gurih. Rahasia kelezatan sate merah ini berasal dari proses perendaman sate ke dalam bumbu rahasia sebelum dibakar. Selain itu sate merah ini juga menggunakan fillet daging ayam merah pilihan dengan potongan yang cukup besar.


 
Selain sate merah, menu lain yang wajib di coba di Sate Ratu adalah lilit basah. Pernah coba sate lilit dari Bali? Lilit basah ini memang mirip dengan sate lilit. Bedanya adalah lilit basah dimasak dengan cara dikukus dan dibentuk kotak-kotak. Lilit basah disajikan bersama acar timun dengan taburan bawang goreng serta sedikit kuah dengan rasa gurih. Kedua makanan tersebut paling enak disantap saat masih hangat bersama dengan nasi putih.



Owner Sate Ratu Fabian Budi Seputro dan Maria Watampone memulai usaha kuliner pada tahun 2015 setelah memutuskan berhenti dari usaha dunia hiburan yang telah membesarkan namanya. Pada awalnya usaha kuliner tersebut bernama Angkringan Ratu yang berlokasi di Jalan Solo. Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Ratu menjual berbagai jenis sate yang diolah sendiri. Namun karena berbagai kendala, akhirnya pada Maret 2016 Angkringan Ratu berubah nama menjadi Sate Ratu dan hanya menjual 3 menu andalan yang paling laris yaitu sate merah, lilit basah, dan ceker tugel.



Yang unik, Sate Ratu ini memang belum terlalu terkenal dikalangan orang Jogja sendiri namun justru sangat terkenal dikalangan turis luar negeri. Sampai saat ini Sate Ratu sudah dikunjungi oleh turis asing dari 67 negara. Sisi tembok sebelah barat bisa kita banyak sekali foto dan testimoni dari orang-orang yang pernah mencicipi kelezatan sate merah di sini. Selain itu Sate Ratu juga sering mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi seperti dari Bekraf dan Tripadvisor.
Ada yang penasaran juga dengan kelezatan sate merahnya?


Sate Ratu
- Jogja Paradise Foodcourt, Jalan Magelang KM 6 Sleman, Yogyakarta
- Buka setiap Senin-Sabtu, pukul 11.00-21.00 WIB


No comments:

Post a Comment

Follow me @novaaristianto