September 15, 2018

Disawa Pawon, Kuliner Sambil Menikmati Suasana Tradisional di Tengah Sawah




Selain karena makanannya yang enak, suasana yang tenang dan menyenangkan menjadi faktor penting lain saat orang akan memilih tempat makan. Makanan yang enak akan terasa lebih sempurna jika suasana tempat yang dikunjungi cukup nyaman. Pemandangan yang cantik dan Instagramable adalah sebuah nilai tambah. Terutama untuk para generasi muda jaman sekarang. Kuliner tidak hanya sekedar aktivitas makan saja, tetapi juga ajang untuk foto-foto untuk diunggah di media sosial.

Disawa Pawon memang terbilang masih cukup baru. Restoran yang berada di Jalan Sawahan Lor, Demangan, Wedomartani, Ngemplak, Sleman ini baru dibuka pada awal Agustus 2018 lalu. Disawa Pawon menawarkan konsep tradisional Jawa yang dipadukan dengan suasana alami pedesaan yang asri. Sesuai dengan namanya, Disawa Pawon berada ditengah persawahan serta perkebunan penduduk yang membuat suasananya sangat tenang.



Pemilik sekaligus penggagas restoran ini adalah kepala dusun dimana tempat ini berada. Disawa Pawon menjadi pelopor rencana pembentukan desa wisata. Disekitar Disawa Pawon memang terdapat beberapa wisata menarik yang nantinya akan lebih dikembangkan agar menarik lebih banyak pengunjung.




Menempati sebuah rumah limasan dan joglo yang cukup besar, Disawa Pawon memang mempunyai keunikan tersendiri. Pagar rumahnya yang dicat dengan warna hijau dan kuning senada dengan warna padi dan pepohonan yang ada disekitarnya. Menurut cerita pada jaman dahulu rumah joglo yang dicat merupakan simbol strata sosial warga yang lebih tinggi. Memasuki dalam rumah, kita akan disambut dengan ruangan luas tanpa sekat sampai ke dapur (pawon). Bahkan dibagian belakang pun tidak ada tembok sehingga kita bisa melihat langsung ke arah kebun warga.



Ada beberapa tiang penyangga rumah yang menjadi ciri khas rumah tradisional Jawa. Tiang-tiang tersebut dihiasi dengan tirai serta beberapa kukusan dari bambu yang digantung. Semua meja dan kursi yang ada Disawa Pawon semuanya menggunakan kayu.




Beberapa menu andalan di Disawa Pawon antara lain sate lilit, nila bakar, dan ayam goreng. Yang menarik adalah sebagian besar bahan yang digunakan merupakan hasil budi daya dari penduduk sekitar. Menu Disawa Pawon disajikan dengan cukup unik, nasi dibuat semacam tumpeng kecil yang biasanya digunakan pada acara-acara penting. Selain Untuk minuman,yang wajib dicoba di Disawa Pawon adalah kopi luwak dan es kelapa muda. Kopi luwak yang ada di sini diambil langsung dari para penghasil kopi luwak yang ada di Bali. Disawa Kopi juga menjual kopi luwak kemasan untuk dibawa pulang dengan harga yang lebih murah dibandingkan ditempat lain.



Untuk bisa lebih menikmati dan masuk dalam suasana tradisionalnya, Disawa Pawon juga menyediakan pakaian tradisional seperti kebaya,jarik, lurik, dan blangkon yang bisa digunakan pengunjung secara gratis.


Disawa Pawon

  • Jalan Sawahan Lor, Demangan, Wedomartani,Ngemplak, Sleman, Yogyakarta
  • Telp: 0812-2973-4522
  • Buka setiap hari mulai pukul 11.00 - 23.00 WIB

No comments:

Post a Comment

Follow me @novaaristianto