August 20, 2018

Menikmati Pemandangan Ala Gunung Fuji di Embung Kledung Temanggung


Temanggung memang dianugerahi oleh Tuhan pemandangan alam yang sangat cantik. Wilayah kabupaten yang masuk dalam provinsi Jawa Tengah ini dikelilingi oleh beberapa pegunungan yang tidak hanya cantik, tapi juga membuat udara di  kota penghasil tembakau ini sangat sejuk. Mirip dengan kota-kota di Eropa.

Saat duduk di bangku sekolah dasar, kita pasti pernah menggambar pemandangan dengan 2 buah gunung dengan sawah dan jalan ditengahnya. Gambaran yang cukup legendaris itu bisa kita saksikan langsung di Temanggung. Gunung Sindoro dan Sumbing tampak mengapit wilayah Temanggung. Kedua gunung tersebut biasa dijuluki dengan gunung kembar karena terlihat tampak bersebelahan jika dilihat dari kejauhan.



Banyak sekali wisata alam cantik yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah Embung Kledung yang terletak di Kecamatan Parakan ini. Karena keindahan pemandangannya, tidak sedikit orang yang menyebut pemandangan di Embung Kledung mirip dengan pemandangan Gunung Fuji yang ada di Jepang.


Waduk buatan untuk menyimpan cadangan air


Embung Kledung sendiri merupakan sebuah waduk buatan yang mulai dibangun pada tahun 2010. Lokasi pembangunan embung dahulunya merupakan lahan perkebunan tembakau milik warga Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung. Embung Kledung dibuat sebagai tempat menyimpan cadangan air untuk lahan pertanian saat musim kemarau.



Yang unik, Embung Kledung juga digunakan sebagai tempat untuk memelihara ikan mas. Ikan-ikan tersebut akan muncul ke permukaan saat ada orang yang datang mendekati bibir kolam. Namun kata penjaga Embung Kledung, mereka sama sekali tidak pernah mengambil atau memanen ikan-ikan yang ada di embung.



Ikan-ikan tersebut dibiarkan hidup bahkan ada yang ukurannya sangat besar. Untuk pengunjung yang ingin memberi makan ikan, bisa membelinya di loket pembelian karcis. Mereka menjual pakan ikan dengan harga yang cukup murah.


Akses dan harga tiket Embung Kledung


Embung Kledung cukup mudah dijangkau karena letaknya tidak terlalu jauh dari Jalan raya Parakan Wonosobo. Walaupun jalan menuju ke lokasi belum beraspal dan hanya jalan berbatu, tapi bisa dilewati oleh mobil atau sepeda motor. Tapi harus tetap hati-hati apalagi untuk yang menggunakan sepeda motor karena cukup licin. Harga tiket Embung Kledung hanya Rp5.000, sudah termasuk dengan parkir sepeda motor dan sebuah stiker.



Waktu terbaik untuk ke sini adalah pada pagi atau sore hari sekalian. Karena siang hari biasanya Gunung Sindoro dan Sumbing tertutup oleh awan yang cukup tebal.



Pada pagi hari, Gunung Sindoro tampak begitu jelas ada di depan mata. Awan tipis yang biasanya menyelimuti puncak gunung semakin menambah cantik pemadangan. Jika kita menoleh ke sisi sebrangnya, kita akan disuguhi pemandangan perumahan warga yang berada diatas bukit dengan latar belakang Gunung Sumbing yang tampak gagah.

Embung Kledung berhasilsejenak membawa saya ke sebuah kedamaian yang sesungguhnya. Ada sebuah ketenangan yang menyejukan mata sekaligus pikiran.

No comments:

Post a Comment

Follow me @novaaristianto