Melihat Kegagahan Gunung Merapi dari Bukit Klangon

by - Wednesday, July 25, 2018

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api yang paling aktif di dunia. Letusan besar yang mempora-porandakan wilayah sekitarnya pernah terjadi beberapa kali. Erupsi dahsyat terakhir terjadi tahun 2010 lalu yang menewaskan ratusan penduduk yang tinggal di lereng Merapi.

Bukit Klangon Cangkringan


Beberapa tahun setelah erupsi tersebut, kini warga lereng Merapi sudah hidup normal kembali walaupun sesekali harus mengungsi karena Gunung Merapi yang statusnya bisa berubah menjadi waspada. Erupsi Merapi tidak hanya meninggalkan duka, tetapi juga meninggalkan banyak material vulkanik yang menjadi lahan atau mata pencaharian penduduk. Hutan-hutan yang sempat mati pun kini sudah mulai menghijau kembali. Merapi yang gagah kembali menjadi daya pikat bagi siapa saja. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kecantikan Gunung Merapi dari dekat adalah Bukit Klangon. Tempat ini persis berada di bawah Gunung Merapi.

Dengan bantuan dari lembaga rotari internasional, Bukit Klangon dikembangkan menjadi tempat wisata alam dengan daya tarik utama pemandangan Gunung Merapi. Bukit Klangon sudah sejak lama dikenal  oleh para penggemar sepeda gunung karena  disekitar sini terdapat sirkuit sepeda gunung dengan jalur yang cukup menantang. Kini Bukit Klangon dikenal lebih luas oleh masyarakat Jogja karena pemandangannya yang cantik.

Lokasi & akses ke Bukit Klangon

Bukit Klangon terletak di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya hanya berjarak beberapa kilometer saja dari puncak Merapi.

Bukit Klangon Cangkringan letaknya tidak terlalu jauh dengan beberapa tempat wisata lain di lereng Merapi seperti The Lost World Castle atau makam Mbah Maridjan. Tetapi aksesnya cukup sulit terutama untuk sepeda motor matic karena harus melewati jalan berbatu yang cukup rusak. Namun ada jalur lain yang lebih bagus dan halus sampai lokasi walaupun harus memutar lebih jauh.

Jika menggunakan bantuan Google Maps, pilihlah jalur yang melewati jalan raya Cangkringan dan Pasar Butuh. Jangan pilih jalur yang melewati The Lost Word Castle. Jalur yang melewati Pasar Butuh sangat mudah dilewati karena jalanannya sudah beraspal halus sampai di lokasi Bukit Klangon. Hanya beberapa ruas jalan terakhir saja yang mulai mengecil dan berkelok melewati tikungan. Namun harus tetap berhati-hati karena banyak truk pengangkut batu dan pasir yang wara-wiri.

Apa yang bisa dilakukan di Bukit Klangon?

Daya tarik utama dari Bukit Klangon adalah Gunung Merapi yang tampak begitu dekat. Oleh karena itu ada baiknya untuk datang ke sini sebelum pukul 10.00 WIB. Karena biasanya menjelang siang kabut cukup tebal akan menutupi puncak Merapi. Kabut akan kembali hilang menjelang sore. Tetapi hal ini tidak mutlak, karena faktor alam atau cuaca tidak ada yang bisa memprediksi. Kita bisa menikmati kecantikan Merapi dengan menaiki gardu pandang atau panggung bambu yang dibangun oleh pengelola agar bisa mendapatkan view yang pas.

Harga tiket Bukit Klangon

Sampai saat ini belum ada retribusi atau tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan Bukit Klangon ini. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir Rp2.000 untuk sepeda motor atau Rp5.000.

You May Also Like

0 komentar