Ada Pohon Kantil Berusia Lebih Dari 200 Tahun di Taman Kaliurang

Sudah pernah ke Kaliurang? Jawabannya pasti sudah. Atau bahkan mungkin pernah berkali-kali. Tapi kalau ke Taman Kaliurang pernah? Belum pernah kan? Saya sudah lumayan sering jalan-jalan ke kawasan Kaliurang tapi baru kali ini masuk ke dalam Taman Kaliurang. 




Ternyata dalamnya bagus. Cocok buat wisata sendiri atau bersama keluarga. Ada permainan anak, taman bunga, sampai joglo buat gathering. Tenang dan segar suasananya karena banyak pepohonan. 




Di sini merupakan salah satu area di kawasan Kaliurang yang jarang terkena aliran lava dan awan panas dari Merapi sehingga banyak pohon yang umurnya puluhan sampai ratusan tahun. Salah satunya adalah pohon kantil yang ditanam oleh Sri Sultan Hamengkubuwuno VIII lebih dari 200 tahun lalu. 

Pohon kantil yang usianya sudah lebih dari 200 tahun



Taman ini awalnya memang digunakan sebagai arena bermain keluarga kraton saat mereka beristirahat di Pasanggrahan Ngeksigondo yang letaknya persis bersebelahan dengan taman. Dulu taman ini dikenal dengan nama Kebon Rojo. Selain untuk bermain juga jadi tempat untuk hewan peliharaan kesayangan raja. 

Pasanggrahan Ngeksigondo



Di komplek taman ini juga ada Villa van Resink yang bisa disewa. Kalau sewa villa ini bisa dapat akses ke taman untuk kegiatan. Villa ini dibangun untk para mandor yg mengawasi pekerja kebun teh. Iya, dulu Kaliurang sempat mau dijadikan kebun teh oleh Belanda tapi tidak cocok. 

Villa van Resink



No comments:

Post a Comment