August 29, 2018

Berkuda Lagi di Bale Kuda Stable



Sekitar 6 tahun yang lalu saat berada di Belanda, tepatnya di Kota Nunspeet, Gelderland saya pernah diajak oleh saudara saya untuk naik kuda keliling hutan. Yap, ini beneran menunggangi kuda sendiri lalu berkeliling hutan yang memang terletak tidak jauh dari pusat kota.

Karena ini adalah pengalaman pertama, ada ketakutan kalau terjadi apa-apa. Misalnya kalau tiba-tiba kudanya lari kenceng dan ga bisa dikendalikan. Tapi saudara saya meyakinan kalau kuda itu adalah salah satu hewan penurut asal kita tau bagaimana cara mendekati dan memperlakukan kuda tersebut dengan baik dan penuh perasaan.

Dengan training selama kurang lebih selama 15 menit, akhirnya saya bisa benar-benar menunggangi kuda dan berkeliling hutan. Berkuda itu sangat menyenangkan. Tidak hanya bisa membuat badan sehat, tapi juga membuat pikiran jadi lebih tenang. Apalagi kalau berkudanya di alam bebas dengan udara yang masih segar.

Akhirnya setelah 6 tahun, Minggu lalu bisa kesampaian lagi untuk menunggang kuda bersama teman-teman Blogger Jogja. Bukan di Belanda, tapi di Jogja. Mungkin banyak yang belum tau kalau ternyata di Jogja juga ada tempat wisata berkuda yang cukup seru dan menyenangkan bernama Bale Kuda Stable.



Ga cuma berkeliling paddock aja, kita juga bakal diajak berkuda mengitari kawasan sekitar melewati perkampungan, persawahan, dan Selokan Mataram yang cukup legendaris bagi warga Jogja. Dan yang paling seru adalah kita akan dibawa menyusuri sungai menggunakan kuda. Kebayang kan serunya kayak apa? Berasa seperti pendekar-pendekar di film Saur Sepuh.

Photo by Bale Kuda Stable


Selama ini berkuda memang dikenal sebagai salah satu olahraga yang cukup mahal dan hanya bisa dinikmati oleh beberapa kalangan saja. Yang pasti karena seekor kuda itu harganya cukup mahal. Selain itu berkuda juga membutuhkan tempat yang luas. Tapi di Bale Kuda Stable ini, semua orang bisa berkuda. Mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua sekalipun.

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa berkuda untuk anak-anak bisa menumbuhkan keberanian dan ketangkasan. Bahkan bagi anak- anak berkebutuhan khusus, berkuda dapat merangsang pertumbuhan motorik. Sementara buat orang dewasa, menepuk-nepuk punggung kuda juga diyakini bisa menurunkan tekanan darah. Ada yang suka tensinya naik karena kerjaan? Mungkin ada baiknya untuk mencoba berkuda di Bale Kuda Stable ini.

Photo by Bale Kuda Stable


Bale Kuda Stable ini baru dibuka pada Januari 2017 lalu. Namun peminatnya sudah cukup banyak. Bukan cuma dari warga Jogja saja, banyak pula warga dari luar kota bahkan luar negeri pernah mencoba keseruan berkuda di Bale Kuda Stable.

Saat ini ada 4 kuda yaitu Putri, Dalmi, Dewi Merapi, dan Jelita yang menjadi penghuni Bale Kuda Stable dan siap memanjakan pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkuda. Keempatnya berjenis kelamin betina. Kuda betina katanya lebih tenang dan mudah untuk dilatih.

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, kuda adalah salah satu hewan yang cukup perasa. Dia tau siapa saja yang sayang sama mereka. Pemilik Bale Kuda Stable ini tampaknya memang menyayangi keempat kuda yang ada dengan sepenuh hati. Karena terlihat sekali kuda-kuda tersebut menjadi sangat penurut.

Ada beberapa pilihan paket berkuda di Bale Kuda Stable dengan harga yang cukup terjangkau. Mulai dari Rp20.000 untuk 2 kali putaran paddock atau Rp75.000 jika ingin ditambah dengan menyusuri Sungai Nglarang yang tepat berada disamping stable.

Photo by Bale Kuda Stable & anotherorion.com


Untuk yang ingin lebih lama berkuda, ada pilihan paket berkuda selama kurang lebih selama 45 menit sampai 1 jam dengan biaya Rp250.000. Rutenya berkeliling desa melewati perumahan penduduk, persawahan, Selokan Mataram, dan diakhiri dengan susur sungai Nglarang.

Photo by Bale Kuda Stable

Saya memilih rute yang panjang ini selain karena memang kangen menunggang kuda, saya juga ingin menikmati suasana pedesaan Jogja dengan cara yang berbeda. Bale Kuda Stable juga membuka kursus bagi yang ingin belajar berkuda loh. Konsepnya fun riding horse dengan biaya Rp100.000 per 30 menit Ada yang mau belajar berkuda?

Bale Kuda Stable ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Selamat berkuda!


Bale Kuda Stable
Jl. Sidomoyo - Cebongan Dusun Simping Janturan, RT.005/RW.13, Tirtoadi, Mlati, Sleman
Telp: 0878-3958-0689
Instagram: @balekudastable






1 comment:

Follow me @novaaristianto