Musim Panas ( yang Dingin ) di Belanda

Selasa , 31 juli 2012

Bulan ini sebenarnya di Belanda sudah masuk musim panas (summer) tapi udaranya masih saja sangat dingin untuk saya yang terbiasa dengan terik matahari setiap hari apalagi hampir setiap hari turun hujan. Musim panas aja kaya gini, gimana nanti kalo musim dingin? mungkin saya bisa mati kedinginan. 
Hehehe...


Suhu udara berkisar antara 16-20 derajat Celcius. Udara disini cukup segar belum terlalu banyak polusi. Masih cukup sehat untuk dihirup manusia. Saya tidak mau mencoba membandingkan udara di sini dengan kota besar di Indonesia, tapi mungkin jika dibandingkan dengan udara di kampung saya. Masih segar udara di kampung saya.

Saya tinggal di kota Haarlem yang merupakan ibukota dari Provinsi Noord Holland. Letaknya hanya sekitar 15 menitan naik kereta dari Amsterdam. Kotanya tidak besar dan tidak sesibuk Amsterdam. Dikota ini banyak sekali terdapat gedung gedung tua yang cukup bersejarah dan masih sangat terawat dengan baik. Warna gedung disini seperti halnya diseluruh Belanda didominasi oleh warna merah bata. Baik bangunan tua maupun yang baru.


Belum banyak tempat yang saya kunjungi dan lihat disini, tapi sedikit banyak saya sudah tau bagaimana keadaan disini yang sangat sangat teratur. mulai dari lalu lintas yang sangat rapi, gedung-gedung yang hampir semuanya punya warna dan bentuk yang sama. Yang paling saya sukai di sini, semua jalan sudah ada jalur tersendiri untuk sepeda dan orang orangnya pun sangat menghormati dan mendahulukan para pesepeda dan pejalan kaki. Sebenarnya mobil cukup banyak disini, tapi kebanyakan cuma di parkir di depan rumah atau di sepanjang jalan.

keadaannya si cukup bersih, ga ada sampah berserakan,. Tapi yang cukup membuat kotor itu adalah puntung rokok yang di buang sembarangan. Kayaknya gampang banget kalo kita mau liat puntung rokok. 

No comments:

Post a Comment