Kamu Punya Ketakutan Saat Naik Pesawat? Begini Cara Mengatasinya

Ada banyak sekali jenis phobia atau ketakutan terhadap sesuatu. Mulai dari ketakutan hal-hal yang kecil seperti ablutophobia (takut mandi), Acarophobia (takut pada rasa gatal), Amathophia (takut pada debu) sampai dengan Acrophobia (takut ketinggian) dan Aviophobia (takut terbang).




Bagi traveler Aviophobia atau ketakutan pada saat naik pesawat terbang mungkin akan sedikit mengganggu. Pasalnya terkadang ada daerah yang ingin kita datangi hanya bisa dijangkau menggunakan pesawat terbang karena tidak ada pilihan angkutan transportasi lain.

Bagaimana caranya untuk mengatasi ketakutan pada saat terbang? Berikut ini adalah tips mengatasi Aviophobia.

Jangan memikirkan kejadian buruk tentang kecelakaan pesawat terbang

Banyak sekali penderita Aviophobia ini mengalami trauma karena mengingat insiden  yang pernah dialaminya sendiri saat naik pesawat terbang. Belum lagi membaca berita tentang kecelakaan di dunia penerbangan. Hal tersebut tentu saja dapat menambah kecemasan bagi para penderita
Aviophobia. Yang pertama yang harus dilakukan adalah tidak memikirkan kejadian buruk tentang kecelakaan pesawat terbang. Berdoa atau meditasi sebelum naik pesawat sangat dianjurkan agar pikiran bisa lebih tenang.



Mencari kesibukan untuk mengalihkan perhatian

Yang kedua yang harus dilakukan adalah dengan mencari kesibukan selama didalam pesawat untuk mengalihkan perhatian. Membaca buku atau majalah bisa menjadi satu pilihan yang bisa kita lakukan untuk menghabiskan waktu selama dalam penerbangan. Hal lain yang bisa
dilakukan untuk mengalihkan perhatian kita adalah dengan mendengarkan musik atau berbincang dengan orang yang ada disebelah kita.


Cari tau tentang penangan pertama pada saat gejalanya muncul

Yang penting juga untuk kita lakukan adalah mencari tau tentang penangan pertama yang bisa kita lakukan pada saat gejala Aviophobia ini muncul agar kita bisa sesegara mungkin bisa memberikan pertolongan untuk diri kita sendiri. Tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan mengambis nafas dalam-dalam dan menahannya kemudian menghembuskannya melalui mulut. Lakukan hal tersebut berulang-ulang.


Yakin bahwa kamu bisa melawan phobia

Yakinkan diri sendiri dengan cara membuat sugesti bahwa kita bisa melawan phobia tersebut dan semuanya akan baik-baik saja sampai pesawat terbang akan mendarat nanti. Tumbuhkan rasa percaya diri bahwa phobia merupakan suatu gejala yang bisa disembuhkan.


Kunjungi psikolog

Dengan mengunjungi psikolog atau ahli terapi phobia kita berkonsultasi secara langsung tentang penyebab ketakutan kita serta bagaimana proses penyembuhannya. Psikolog bisa lebih memberikan solusi tentang apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan Aviophobia.


Semoga sobat Travelingbae yang punya gejala aviophobia bisa segera membaik dan bisa naik pesawat terbang lagi dengan gembira.

No comments:

Post a Comment