November 6, 2018

Warung Omah Sawah Tembi: Menikmati Makanan Ndeso Ditemani Semilir Angin Sawah

Selain rasa makanan yang enak, alasan lain yang menjadi penentu saat orang memilih restoran atau tempat makanan tentu saja adalah suasananya. Jika suasananya cukup menyenangkan,pasti orang akan betah berlama-lama atau bahkan sering-sering berkunjung ke tempat tersebut. Suasana pedesaan yang adem dengan persawahan hijau sepertinya saat ini mulai diburu banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya restoran yang lokasinya berada ditengah perkampungan dan jauh dari pusat kota. Untuk orang kota yang sudah terbiasa dengan hiruk pikuk lalu lintas jalanan yang macet, tempat seperti ini bisa menjadi tempat untuk sejenak bersantai dan menikmati suasana yang masih alami.



Tidak hanya Sleman saja yang  punya tempat-tempat makanan dengan nuansa pedesaan. Bantul juga ternyata punya restoran dengan nuansa pedesaan yang cukup khas dan tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Warung Omah Sawah Tembi.



Warung Omah Sawa Tembi terletak di Dukuh Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul yang dapat ditempuh kurang lebih selama 15 menit perjalanan dari Malioboro dengan menggunakan kendaraan pribadi. Warung Omah Sawah Tembi cukup mudah ditemukan karena letaknya berada dipinggir jalan raya.



Jika dilihat dari luar, Warung Omah Sawah Tembi memang hanya tampak seperti sebuah warung kecil biasa. Namun jika sudah masuk ke dalam, baru lah kita bisa menikmati suasananya. Sebuah pendopo yang sangat khas Jawa tampak dikelilingi persawahan yang hijau. Pendopo dibangun tanpa sekat sama sekali sehingga kita bisa melihat langsung kearah persawahan yang ditengahnya terdapat jalan kampung. Pada sore hari kita bisa melihat aktivitas penduduk yang hendak pulang menuju ke rumah dari sawah atau anak-anak yang bersepeda sepulang dari TPQ. 





Beberapa menu andalan di Warung Omah Sawah Tembi antara lain nasi goreng hijau,nila bakar, ayam bakar, nila goreng, ayam goreng, mangut lele, tumis kembang pepaya, tumis daun pepaya, tumis genjer, dan lodeh lombok ijo. Selain itu tersedia juga menu khusus untuk rombongan. Untuk menu rombongan maksimal harus memesan satu hari sebelumnya.



Waktu paling tepat untuk datang ke Warung Omah Sawah Tembi adalah menjelang sore hari. Selain  menikmati pemandangan persawahan yang adem, kita juga akan disuguhi dengan penampakan matahari terbenam yang cantik. Ditambah lagi dengan suara kodok yang bersahutan yang membuat suasana menjadi lebih  syahdu.

No comments:

Post a Comment

Follow me @novaaristianto