Jogja Fashion Carnival 2022: Abiwada Arsana

Biasanya Jalan Malioboro ditutup untuk kendaraan bermotor mulai pukul 18.00. Namun hari ini penutupan dilakukan lebih awal yaitu mulai pukul 14.00. Pasalnya Jalan Malioboro akan digunakan sebagai tempat berlangsungnya acara Jogja Fashion Carnival 2022. 




Masyarakat lokal dan wisatawan yang sedang berkunjung di Jogja bahkan sudah merayap disepanjang Jalan Malioboro jauh sebelum acara dimulai. Mereka ingin memastikan dapat tempat yang nyaman agar dapat menyaksikan kemeriahan Jogja Fashion Carnival 2022. Walau pun hujan rintik-rintik sempat mengguyur Malioboro tapi penonton tetap setiap menyaksikan acara sampai selesai. 




Tema Jogja Fashion Carnival 2022 adalah "Abiwada Arsana" yang bermakna penghargaan dengan penuh kegembiraan. Selain untuk memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Oktober, acara ini juga digelar dalam rangka pelatikan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta beberapa hari yang lalu. Jogja Fashion Carnival 2022 ini juga dijadikan sebagai salah satu daya tarik wisata di Kota Yogyakarta. 




Ada 21 grup pegiat fashion karnaval yang turut serta dalam gelaran Jogja Fashion Carnival 2022 hari ini yang dibagi menjadi 3 jenis tema kostum yaitu sejarah, budaya, dan pendidikan. Peserta tidak hanya berasal dari wilayah DIY saja, tetapi juga dari Malang dan Solo. Kedua kota tersebut memang sudah terkenal dengan acara karnavalnya yang selalu meriah. Usia peserta cukup beragam, mulai dari anak SD, mahasiswa, sampai dengan ibu-ibu. Bahkan saya sempat melihat ada peserta yang usianya sudah terlihat cukup tua. 




Kreasi kostum dengan berbagai gaya dengan sentuhan batik tampak membuat penonton terkagum. Dua grup yang paling mendapat sambutan paling merah adalah grup dari Solo Batik Carnival dan Malang Flower Carnival. Kostum mereka memang cukup spektakuler dan sangat cantik. Tidak heran banyak penonton yang memberikan tepuk tangan saat kedua grup tersebut melintas di depan mereka. 




Kemeriahan acara Jogja Fashion Carnival 2022 dilengkapi dengan penampilan ciamik dari marching band UPN Veteran Yogyakarta dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Semoga acara semacam ini semakin banyak digelar di Jogja sebagai sarana hiburan gratis bagi masyarakat. 

No comments:

Post a Comment