February 15, 2020

Sate Kanak, Spesial Dari Sate Ratu Buat Yang Ga Suka Pedas

Sampai saat ini,  Sate Ratu masih jadi salah satu sate terfavorit buat saya di Jogja. Rasanya yang lezat dengan bumbu yang pas membuat lidah saya ga pernah bosan untuk menyantapnya.

Sate merah dan lilit basah


Bahkan jika ada teman atau saudara yang datang ke Jogja, Sate Ratu pasti selalu jadi urutan teratas kuliner yang wajib dicoba. Yakin ga mau ikutan coba juga kalau wisata kuliner di Jogja? Sampai sekarang Sate Ratu sudah dikunjungi oleh orang dari 84 negara loh.



Baca juga: Sate Ratu, Kelezatannya Sudah Dicicipi oleh orang dari 67 negara

Sate Ratu tidak punya terlalu banyak menu. Jadi rasanya benar-benar tetap terjaga dan konsisten. Sebelumnya hanya ada sate merah, lilit basah, dan ceker tugel. Yang kebetulan semuanya punya rasa yang sedikit pedas. Buat yang tidak suka pedas seperti saya, memang sedikit butuh perjuangan dan sensasi buat menyantapnya. Semacam ada rasa bersalah tapi tetap lanjut untuk menyantapnya karena rasa yang enak.

Tapi ada kabar gembira yang ga suka pedas tapi tetap ingin menikmati kelezatan Sate Ratu. Ada menu baru bernama Sate Kanak yang bisa dicoba. Menu ini baru diperkenalkan di Sate Ratu bulan Januari 2020 lalu.

Sate kanak


Yang lebih spesial lagi, Sate Kanak dari Sate Ratu ini merupakan juara 1 untuk kategori sate dalam kompetisi "Ngulik Rasa"  yang diselenggarakan oleh Unilever Food Solutions pada November 2019 silam. Ga tanggung-tanggung, Sate Kanak berhasil mengalahkan ribuan peserta lain dari seluruh Indonesia.

Yang khas dari Sate Ratu adalah potongan daging besar namun dengan tekstur yang cukup empuk sehingga tetap mudah saat digigit. Rahasianya ada pada proses pembakarannya yang pas sehingga dagingnya tetap matang dengan baik sampai ke dalam.

Foto oleh Makvee


Yang membedakan Sate Kanak dengan Sate Merah ada pada bumbunya. Bumbu Sate Kanak dibuat dengan racikan bumbu khas Sate Ratu namun ditambah dengan gula jawa, kecap manis bango, dan aroma jeruk limau. Rasanya rempahnya tetap terasa kuat.

Tips untuk menyantap Sate Kanak agar terasa lebih nikmat adalah menyantapnya segera setelah disajikan saat masih dalam keadaan panas. Ditambah dengan nasi putih yang juga masih panas, dijamin rasanya pasti lebih mantap.




SATE RATU

  • JOGJA PARADISE FOODCOURT: Jalan Magelang KM 6 Kutu Tegal, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. 
  • Jam operasional: pukul 11.00 - 21.00







7 comments:

  1. Duh, kak, bacanya sambil membayangkan Sate Kanak nih 😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain kak, enak rasa satenya. Bumbunya beneran pas rasanya. Menurut saya Sate Ratu ini masih jadi salah satu sate paling enak di Jogja

      Delete
  2. Enak, irisannya besar2, empuk, dagingnya meresap banget & gak gosong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, tapi walaupun irisannya besar-besar tapi matengnya merata. Lebih puas pas nyantapnya

      Delete
  3. Auto laper lihat foto satenya. Aku paling suka sate merah, tapi sebenarnya kepedesan .So, pas nih ada sate Kanak. Asyik

    ReplyDelete
  4. Rasanya nagih banget, dagingnya tebel sih. Mantap deh pokoknya

    ReplyDelete
  5. Cara masaknya emang khusus beda dr yg lain..


    www.ipung.net

    ReplyDelete

Follow me @novaaristianto