Piknik Asik di Rumah Matahari Turi

Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal daerah Kaliurang jika ingin menginap atau menikmati suasana sejuk dan tenang di lereng Gunung Merapi. Padahal masih ada beberapa tempat lain yang tidak kalah menarik yang bisa disinggahi jika sedang berwisata ke Jogja. Salah satunya adalah kawasan Turi yang dikenal sebagai sentra penghasil salak pondoh di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. 


Tidak hanya perkebunan salak aja yang ada di Turi, tetapi juga pemandangan alamnya yang cantik. Bahkan dari beberapa titik kita bisa melihat Merapi dengan tampak jelas. Tentu saja kalau cuaca yang sedang cerah. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang bisa menjadi "obat" tersendiri untuk menenangkan jiwa. Melepaskan semua kepenatan agar otak bisa menjadi segar kembali. Untuk yang sudah berkeluarga dan punya anak, jalan-jalan ke alam bisa menjadi salah satu cara agar buah hati kita bisa lebih mengenal alam sekitar lebih dekat lagi. 




Di Turi ada beberapa penginapan atau villa yang bisa dipilih untuk bermalam. Salah satunya adalah Rumah Matahari Turi yang terletak di Nganggring, Girikerto, Turi, Sleman. Bisa dibilang ini adalah salah satu hidden gem villa. Jaraknya hanya sekitar 7 km dari Gunung Merapi. Bisa kebayangkan sejuknya seperti apa di Rumah Matahari Turi ini? Untuk menuju ke sini dari pusat kota Jogja aksesnya cukup mudah melewati jalan yang cukup bagus. Sepeda motor maupun mobil bisa sampai di lokasi. 



Ada 3 tipe villa yang bisa dipilih di Rumah Matahari Turi dengan harga mulai dari Rp250.000 sampai dengan Rp800.000 permalam. Tergantung dari kapasitas dan fasilitas yang akan kita dapatkan. 




Selain bermalam di villa, di Rumah Matahari Turi ini kita juga bisa bermalam dengan menggunakan tenda atau camping. Yang menarik kita bisa membawa tenda sendiri dari rumah dan cukup membayar Rp30.000/orang. Dengan harga segitu kita juga sudah bisa menikmati fasilitas yang ada di Rumah Matahari Turi seperti kamar mandi, air bersih, listrik, dan WiFi. Tapi untuk yang tidak mau ribet mendirikan tenda sendiri, adalah pilihan Paket Medium dan Paket Premium. Jadi kita tinggal datang aja karena tenda sudah disiapkan oleh Rumah Matahari Turi. Setiap tenda berkapasitas 3 orang. Semua tamu juga akan mendapatkan sleeping bag untuk menghalau hawa dingin saat tidur. Kalau kita pilih Paket Premium, ada tambahan paket breakfast dan hot tea untuk 3 orang di pagi hari. Ada fasilitas lain berupa api unggun jika ada minimal 5 tenda. 





Yang tidak boleh dilewatkan juga di Rumah Matahari Turi tentu saja adalah Jeep Tour-nya. Dengan mobil Jeep yang gagah kita akan dibawa berkeliling menikmati keindahan lereng Merapi. Kita juga akan diajak ke kebun salak untuk merasakan pengalaman memanen buah salak pondoh langsung dari pohonnya. Tidak lupa juga mengunjungi peternakan kambing dan melihat proses pengolahan susu kambing. Sebagai informasi tambahan Kecamatan Turi juga dikenal dengan salah satu penghasil susu kambing. Menarik kan? Anak-anak pasti senang kalau diajak berkeliling menggunakan Jeep melihat keindahan alam. 




Di Rumah Matahari Turi ini juga ada cafe yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menikmati kopi atau teh dengan pemandangan alam yang hijaun. Ada menu makanan tradisional maupun western yang bisa dipilih dengan harga yang cukup terjangkau. 




Kalau mau tahu informasi lebih lengkap tentang Rumah Matahari Turi ini bisa langsung ke Instagram @rumahmatahari_turi. 


 


No comments:

Post a Comment