Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Saharanya Jogja

Pernah lihat video klip Agnes Monica yang berjudul "Godai Aku Lagi? Dalam klip tersebut Agnes tampak menari disebuah gurun pasir yang cukup luas. Dulu banyak orang yang mengira bahwa lokasi tersebut berada di luar negeri. Ternyata pengambilan gambar pada video tersebut berada di wilayah Bantul, Yogyakarta. Tepatnya di Gumuk Pasir Parangkusumo yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Pantai Parangtritis, salah satu ikon wisata andalan Yogyakarta.



Gumuk pasir ini merupakan salah satu fenomena alam yang cukup langka dan hanya ada beberapa saja di dunia. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Gumuk dalam Bahasa Indonesia artinya adala gundukan. Proses terjadinya gumuk pasir ini berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. 

Pasir yang ada di tempat ini berasal dari erupsi Gunung Merapi yang terbawa arus sungai dan bermuara di pantai selatan. Pasir-pasir tersebut kemudian dihempaskan oleh angin selama bertahun-tahun sehingga membentuk gundukan-gundukan yang tingginya antara 5-15 meter.


Waktu terbaik untuk mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo adalah pada pagi atau sore hari. Sangat tidak disarankan datang ke sini pada siang hari. Pasir-pasir yang terkena sinar matahari terasa sangat panas di kaki walaupun sudah menggunakan sepatu atau alas kaki sekalipun.

Sejauh mata memandang kita akan disuguhi dengan hamparan pasir. Terasa sangat gersang karena hanya ada kaktus dan beberapa pohon saja yang tumbuh. Itupun daunnya hanya menghijau pada saat musim penghujan, kecuali pohon cemara yang tahan dengan berbagai musim. Pada saat musim kemarau semua daunnya berguguran dan tampak seperti pohon mati yang hanya tinggal rantingnya saja. Tapi pohon tersebut justru yang menjadi salah satu ikon dari Gumuk Pasir Parangkusumo.


Karena kecantikan pemandangannya, Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi salah satu lokasi favorit para fotografer di Jogja untuk melakukan sesi foto terutama prewedding. Selain Agnes Monica masih ada beberapa artis lain yang juga memilih tempat ini sebagai lokasi syuting video klip dan film. 


Selain untuk lokasi foto, masih ada beberapa aktivitas lain yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusum ini. Untuk yang suka memacu adrenalin bisa mencoba bermain sandboarding. Dengan papan seluncur kamu bisa merasakan sensasi menuruni gundukan pasir dari titik tertinggi yang ada di Gumuk Pasir Parangkusumo. Untuk kamu yang ingin lebih bersantai bisa menikmati pemandangan dengan menyewa Jeep wisata. Tidak hanya berkeliling melewati track yang berpasir di tempat ini, Jeep wisata ini juga akan membawa berkeliling menikmati keindahan pantai disekitar Gumuk Pasir Parangkusumo.


Gumuk Pasir Parangkusumo ini sangat luas dan ada beberapa spot yang bisa dikunjungi. Tapi menurut saya spot yang paling cantik adalah yang berada dipinggir jalan utama. Dari TPR Pantai Parangtritis kita tinggal lurus saja. Nanti spot ini berada di kiri jalan lengkap dengan papan petunjuknya. Untuk masuk ke sini hanya ada sekali retribusi yaitu di TPR. Di lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo hanya membayar parkir kendaraan kita. Namun untuk bermain sandboarding, ada biaya sewanya.


No comments:

Post a Comment